Sejarah Syarikat Islam

Oenta Mokodongan (kiri) dan Adampe Dolot (kanan). Keduanya pernah menjabat sebagai Ketua SI Bolaang Mongondow pada jaman kolonial Hindia-Belanda

PUBLIK Mongondow mungkin tak banyak yang tahu siapa sosok ketua Sarekat Islam (SI) pertama di Bolaang Mongondow masa kolonial Hindia-Belanda, juga hubungan orang-orang Mongondow di SI dengan tokoh-tokoh pergerakan nasional di Jawa era pra-kemerdekaan. Demikian juga publik di Mongondow mungkin tak banyak yang tahu kalau tokoh-tokoh SI Bolaang Mongondow tak lepas dari cap komunis oleh pihak kolonial. 

Oenta Mokodongan, adalah Ketua Sarekat Islam (SI) Cabang Bolaang Mongondow pertama dengan seorang Sekretarisnya bernama Willem Kadamong. Nurtina Gonibala Manggo seorang veteran perang kemerdekaan menulis dalam bukunya; ‘Dengan kembalinya Bapak Unta Mokodongan dari Pulau Jawa, beliau membawa perubahan yang menggemparkan Kerajaan Bolaang Mongondow dan Pemerintah Belanda’. (Nutrina Gonibala Manggo; Sejarah Laskar Banteng Kemerdekaan RI Bolaang Mongondo2, hal 5- kutipan sesuai teks asli).

Tentu kegemparan yang dimaksudkan Nutrina Gonibala Manggo dalam catatannya itu, adalah ketika di Passi pada tahun 1920, didirikan sebuah organisasi bernama Sarekat Islam Cabang Bolaang Mongondow. Sebuah tindakan progresiff yang mampu menorehkan sejarah, terlebih di masa penjajahan kolonial Belanda.

Catatan  Sejarah Nasional Daerah Sulawesi Utara, terbitan Direktoral Jenderal Kebudayan RI, halaman 108 juga menuliskan hal yang sama tentang didirikannya Sarekat Islam di Passi, pun pemberitaan Medan Moeslimin yang mengutip kehadiran sekitar 500 orang pada tanggal 26 April 1920 di Passi saat SI didirikan. (Medan Moeslimin edisi 26 Juli 1926 nomor 21).

Sebuah kumpulan laporan dari biro yang bertugas mencermati pemberitaan media massa untuk kolonial Belanda tertanggal 7 Agustus 1926 nomor 32, turut mengupas pemberitaan MEDAN MOESLIMIN pimpinan Haji Misbach edisi 20 Juli 1926 nomor 21, yang menurunkan berita soal Mosi SI (Sarekat Islam) yang dipimpin Oenta Mokodongan selaku Ketua SI Bolaang Mongondow dan Sekretarisnya bernama Willem Kadamong. Mosi itu berjudul “Rakyat Bolaang Mongondou Menuntut Pernbaikan Nasib!” yang dipublikasikan di berbagai pertemuan SI Bolaang Mongondow.

Share This